Nilai-Nilai Dasar Credit Union
1.
Keadilan,
secara konsisten menciptakan produk pelayanan kepada para anggota dan fokus
hanya kepada anggota. Dapat dipantau dengan cara: melihat apakah penetapan
nilai produk dapat meningkatkan pelayanan yang menguntungkan bagi anggota.
2. Integritas,
menunjukaan perhatian, komitmen dan kejujuran termasuk dalam hal pelaporan.
Dapat dipantau dengan cara: 1) Menggunakan semua informasi yang tersedia
dan metode pelaporan yang benar, 2) Para pemegang saham sadar akan pelaporan
itu, 3) Jangkauan dan penyampaian informasi yang berguna bagi pemegang saham,
4) Laporan anggota meliputi indikator-indikator yang dapat diukur, manfaat
keuangan yang bernilai yang diberikan kepada anggota melalui penetapan nilai
produk.
3. Profesionalisme, pelayanan yang efisien, efektif dan tepat waktu atas kerjasama pengurus,
pengawas dan manajemen yang terlatih dengan dukungan sistem komunikasi dan
operasional yang dikelola dengan baik. Dapat dipantau dengan cara: melihat
data keluhan anggota, menggunakan teknik survey dan umpan balik.
4. Bertanggung Jawab, didukung oleh manajemen kehati-hatian dan ketersediaan
modal yang kuat. Dapat dipantau dengan cara: melihat terpenuhinya indikator
keuangan kunci dan sesuai dengan standard operasional Credit Union.
5. Kerjasama, masukan
para pemegang saham, seluruh lapisan masyarakat dan keterlibatan mereka
memberikan manfaat kepada anggota serta masyarakat lokal melalui usaha
kolektif. Dapat dipantau dengan cara: melihat jumlah organisasi masyarakat yang
menggunakan CU, jumlah nilai tambah atau manfaat yang diperkenalkan setiap
tahun.
6. Perayaan, tuntutan organisasi yang sehat dengan kualitas pegawai yang baik perlu
diperkuat dengan antusiasme perayaan keberhasilan. Hal ini
merupakan hal penting dalam organisasi yang sehat. Perayaan untuk apresiasi
kekuatan, talenta dan potensi orang-orang dalam organisasi akan mendorong
peningkatan kepercayaan diri dan kompetensi dalam berorganisasi. Namun perlu
juga mengakui kelemahan manusia atas kesalahan atau kegagalannya. Dapat dipantu
dengan cara: 1) Survey terhadap staff dan Pengurus, 2) Volume peristiwa
perayaan keberhasilan dan individu, 3) Perayaan bagi anggota yang menonjol
7. Saling Menghormati, setiap orang harus diperlakukan dengan rasa hormat dan
bermartabat. Dapat dipantau dengan cara: 1) Umpan balik anggota secara terus
menerus, 2) Keluhan/komentar/saran (lisan dan tertulis), 3) Survey para
pemegang saham dan masyarakat.
8. Tanggung Gugat (Accountable), Berkaitan dengan mitra masyarakat, pemerintah dan
bisnis, maka harus bertanggung jawab demi kualitas kerja dan memberikan lebih
dari apa yang diharapkan. Dapat dilakukan melalui keterbukaan berorganisasi
yang mencerminkan pada kepercayaan dan kesadaran akan tanggung gugat bersama.
Dapat dipantau dengan cara: 1) Transparansi laporan 2) Daftar sikap yang
diinginkan dan disepakati bersama dengan menggunakan metode survey, wawancara,
keluhan anggota hingga tingkat pembuatan keputusan yang didelegasikan.
9. Integrasi,
bekerja adalah bagian penting dari hidup yang menyatu dengan aktivitas hidup
lainnya. Bekerja dalam tim secara menyeluruh, saling menghormati perbedaan dan
keyakinan. Dapat dipantau dengan cara: 1) Survey persepsi staff & anggota,
2) Mengukur staff/volunter/aktivis yang memiliki perbedaan, keyakinan dan
lain-lain.
10. Inovasi,
secara aktif mencari cara untuk memperkenalkan program dan prosedur baru untuk
meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan melalui perubahan yang terus
menerus baik dalam proses maupun sistem. Dapat dipantau dengan cara: 1)
Mencatat dan mengungkap gagasan program baru, 2) Menerima, 3) Mengevaluasi, 4)
Mengembangkan, 5) Mengimplementasikan, 6) Mengukur hasilnya.
Nilai-Nilai Dasar Credit Union Merupakan Dasar
Pijakan
Dalam Menjalankan Tata Kelola Organisasi
Dalam Menjalankan Tata Kelola Organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar