Rancang bangun Credit Union
Penjelasan Rancang Bangun Credit Union:
- Atap
Rumah
Dasar sebuah Credit Union adalah
kepercayaan. Untuk mendapat kepercayaan di masyarakat maka
persepsi atau “tampak luar” sebuah Credit Union harus memiliki 3 karakter penting, yang
sering disebut “Citra Credit Union” yaitu:
- Lembaga
yang aman,
- Memiliki
kualitas produk dan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. (lihat gambar
financial literacy)
- Dikelola
oleh orang-orang yang dapat dipercaya
Di dasari dengan sistem terpadu berupa monitoring dan
evaluasi.
- Tiga
Pilar di lantai 2
Terdiri dari 3 sekat ruangan yang terkait dengan atap rumah
yaitu:
- Sebuah
lembaga yang aman harus ditunjang dengan disiplin keuangan dan
pengendalian administrasi yang baik.
- Untuk
menopang kualitas produk dan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat, maka
harus ditunjang dengan Sistem informasi pasar dan pengembangan produk.
- Dikelola
oleh orang-orang yang dapat dipercaya, maka diperlukan sistem pengembangan
sumber daya manusia.
Didasari dengan Pola kebijakan yang menyeluruh.
- Tiga
pilar lantai dasar
Terdiri dari 3 sekat ruangan yang terkait dengan lantai
2 yaitu:
- Disiplin
keuangan & pengendalian administrasi yang baik untuk mewujudkan
lembaga yang aman maka diperlukan kekuatan keuangan yang tidak
berkompromi, pengendalian administrasi yang baik dan semua
mendapat perlakuan yang sama sesuai standard operasional yang ada.
- Sistem
informasi pasar dan pengembangan produk yang dibutuhkan masyarakat
merupakan arah pasar yang berkualitas untuk memperoleh keuntungan guna
memperbaiki pelayanan.
- Sistem
pengembangan sumber daya manusia sangat diperlukan untuk membentuk watak,
meningkatkan kecakapan dan kompensasi yang layak bagi pengelola
operasional Credit Union. Pengurus, pengawas, Penasehat adalah
sukarelawan yang tidak mendapatkan gaji merupakan anggota yang dipilih dan
dipercaya memangku jabatan dalam Credit Union.
- Fondasi
Adalah nilai-nilai inti sebuah rancang bangun Credit Union
yang terdiri dari 6 hal dasar utama yaitu: Sikap (attitude), Visioner
(Visonary), Keberanian (courage), integritas (integrity), dan
pengorbanan (sacrifice). Untuk membangun sebuah Credit Union yang kuat maka
nilai-nilai iniharus terus diperkuat untuk membentuk budaya dalam
organisasi, yang umumnya disebut“Corporate Value”
Dikeluarkan dalam dokumen WOCCU dan
ACCU,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar